Bandara Radin Intan II Lampung Kini Siap Melayani Berbagai Rute Penerbangan

Bandara Radin Intan II Lampung Kini Siap Melayani Berbagai Rute Penerbangan

Usaha untuk menjadikan Bandara Raden Inten II Branti, Lampung Selatan, berstandar internasional mulai membuahkan hasil. Sebagai bandara tersibuk ketiga di Sumatera, Radin Intan II sudah direnovasi total dan siap melayani penumpang domestik maupun wisatawan manca negara.

Fasad serta interior Bandara Radin Intan II dirancang bergaya futuristik sehingga tidak lagi terkesan sebagai bandara kampung. Ridho F Ficardo, Gubernur Lampung, menargetkan bandara ini melayani juga bisa dilandasi oleh pesawat rute internasional mulai 2017.

“Tahap renovasi akan tuntas pada akhir tahun 2016 sehingga mulai Januari 2017 Radin Intan II sudah bisa beroperasi secara penuh untuk melayani 1.100 penumpang per jam,” kata Kepala Bandara Radin Intan II, Satimin.

Menurut Satimin, saat ini arus wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara (wisman) menuju destinasi utama Lampung seperti arena berselancar Tanjung Setia, Krui, Pesisir Barat, sekolah gajah Taman Nasional Way Kambas, habitat alam lumba-lumba Teluk Kiluan, dan pesona bawah Laut Pulau Puhawang mulai meningkat.

Wisatawan yang akan menuju Tanjung Setia misalnya, selama mereka masih mengandalkan jalur darat. Hal ini disebabkan baru satu penerbangan perintis ke destinasi Tanjung Setia dari Bandara Radin Intan II yang mendarat di Bandara Pekon Serai, Liwa, Lampung Barat dengan maskapai Susi Air. Jarak tempuh dari Bandara Radin Intan II menuju Tanjungsetia adalah 273 km. Jalur perintis ini juga hanya melayani seminggu sekali dengan kapasitas 12 penumpang.

Bandara Radin Intan II melayani 5 rute penerbangan; antara lain Bandar Lampung–Jakarta, dengan maskapai Garuda Indonesia (6 kali), Sriwijaya Air (5 kali), Nam Air (1 kali), dan Lion Air (2 kali per hari); Bandar Lampung-Halim Perdanakusuma, dengan maskapai Wings Air, 3 penerbangan per hari.

Rute lainnya adalah Bandar Lampung—Bandung, Wings Air (2 kali), dan Express Air, 1x sehari; Bandar Lampung—Batam, dengan maskapai Sriwijaya Air dan Garuda Indonesia, 1x penerbangan tiap hari untuk masing-masing maskapai. Bandar Lampung—Palembang dilayani oleh Wings Air, Express Air, dan Garuda Indonesia; Bandar Lampung—Krui dilayani oleh Susi Air, 1x seminggu.

Dukungan penuh dari Gubernur Lampung terhadap moderninasi Bandara Radin Intan II sangat diapresiasi. Selain menghapus aset gedung VIP dan gedung selasar parkir milik Pemerintah Provinsi Lampung, dukungan lainnya berupa pembebasan lahan seluas 275,5 ha untuk memperpanjang landasan pacu (runway) agar mencapai 3.000 meter.

Selain itu, Bandara Radin Intan II juga merupakan satu-satunya bandara di Indonesia yang memiliki gedung parkir berlantai empat yang mampu menampung 700-800 kendaraan. Pengelolaan gedung parkir ini ada dibawah Kementerian Perhubungan.

Saat ini, Bandara Radin Intan baru bisa melayani 3.350 penumpang per hari. Setelah dilakukan perombakan, diharapkan kapasitas layanan bisa mencapai 8.000 per hari atau 3 juta penumpang per tahun. Kapasitas apron mampu menampung 10 pesawat dengan 50 pergerakan pesawat per hari. Jumlah pergerakan itu hanya beda tipis dengan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang yang mencapai 60 pergerakan per hari.

Setelah dikembangkan menjadi bandara berkelas internasional, Pemda Lampung membangun prasarana transportasi guna memudahkan akses menuju Bandara Radin Intan II. Saat ini moda transportasi yang tersedia adalah bus Trans Lampung rute kota Bandar Lampung-Bandara (jarak 28 km). Juga masih dikembangkan oleh bus Damri untuk melayani rute-rute Bandara – Kalianda (Lampung Selatan), Bandara – Metro dan Sukadana (Lampung Timur), Bandara – Liwa (Lampung Barat), dan Bandara – Tulangbawang via Bandar Jaya (Lampung Tengah).

Lokasi Bandara Radin Intan II, Jalan Alamsyah Ratu Prawira Negara KM. 28, Branti Raya, Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35362, Indonesia.



Dibaca 3238 x
Please Share:
Previous Damn I Love Pet, Marketplace Khusus Buat Para Pecinta Binatang Piaraan
Next Sekilas Mengenal Sejarah Bandara Radin Intan II Bandar Lampung

You might also like

Bandara

Pesawat yang Melayani Rute Jakarta (Soetta) – Bandar Lampung (Radin Inten II)

Penerbangan dari Jakarta – Bandara Soekarno Hatta (CGK) menuju ke Bandar Lampung – Bandara Raden Inten II (TKG) memakan waktu selama kurang lebih 40 hingga 50 menit. Tidak ada perbedaan

Bandara

Informasi Jadwal Penerbangan dari Bandara Radin Intan II Lampung

Setelah ditingkatkan kelasnya, Bandar Udara Radin Inten II Lampung saat ini melayani lebih banyak rute dan jadwal penerbangan ke dan dari beberapa kota di Indonesia. Bandar udara komersil tersibuk ke

Bandara

Bandara Radin Intan II Dijadikan Sebagai Bandara Penyangga Soekarno-Hatta

Karena kedekatan jarak dengan Bandara Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II (Persero) menjadikan Bandara Radin Inten II Lampung sebagai bandara penyangga Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Agus Haryadi, Head of Corporate Communications and

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!