Bisnis Gurih Kerupuk Kulit Ikan Tuna; Mudah Caranya, Mudah Pula Untungnya

Bisnis Gurih Kerupuk Kulit Ikan Tuna; Mudah Caranya, Mudah Pula Untungnya

“Awalnya banyak yang enggak percaya kalau ini enak. Sekarang saya bisa produksi 100.000 bungkus per hari. Karyawan saya sudah 9 orang,” ujar Ishaq, salah satu pengusaha kerupuk kulit ikan tuna penuh semangat.

Biasanya kulit ikan tuna kerap dibuang begitu saja atau menjadi limbah. Kulit tuna seperti ini banyak dijumpai di daerah pesisir kampung nelayan. Tetapi, di tangan Ishaq Wahyudi, limbah ikan ini menjadi camilan gurih dan lezat, bahkan disukai para bule alias turis mancanegara.

Menurut Ishaq, selama ini kulit ikan tuna seringkali menjadi sampah lantaran tidak turut diolah sebagai hidangan.

Setelah mencoba menciptakan kreasi, ia pun berlabuh pada kreasi kerupuk rambak ikan. Kreasi kerupuk rambak ikan produksi Ishaq pun tidak langsung digemari konsumen.

Awalnya, Ishaq mengaku, banyak orang yang tidak percaya bahwa kulit ikan dapat diolah menjadi panganan yang rasanya enak dan gurih.

kulit-tuna

Menurut Ishaq, ada beberapa kelebihan kerupuk rambak ikan produksinya ketimbang produk kerupuk sejenis. Ia menjelaskan, kerupuk rambak ikan produksinya sebelum digoreng hingga kering, sebelumnya dijemur hingga kering.

“Yang lain itu (kulit ikan) masih basah, dikasih bumbu, lalu digoreng. Kalau ini lebih enak karena setelah dikeringkan digoreng lagi sampai kering. Kalau yang masih basah itu nanti agak amis. Produk saya sudah sampai ke seluruh Denpasar dan Gianyar,” jelas Ishaq seperti dilansir kompas.com.

Menjemur-kulit-ikan-tuna-Copy

Ishaq memiliki pola kerja merintis, menjalani, dan mengembangkan usaha. Dia tidak takut untuk berinovasi dalam mencipta produk yang unik. Selain itu, Ishaq pun tidak takut untuk menciptakan dan menjual produk yang unik dan berbeda, hingga akhirnya memperoleh kesuksesan.

Cara Mengolahnya

Cara mengolah kulit ikan tuna hingga menjadi kerupuk yang gurih sangat mudah.

  • Pertama, kulit dicuci bersih,
  • kemudian direbus selama 2 menit sambil dibersihkan sisik-sisik yang melekat,
  • Setelah itu direbus lagi selama 30 menit, lalu diangkat dan
  • dijemur dibawah sinar matahari.
  • Setelah kulit tersebut kering, campurkan racikan bumbu berupa garam, penyedap rasa dan bawang putih dan direndam sekitar 1 menit.
  • Kemudian, kulit yang sudah dibumbui tadi dijemur lagi sebelum digoreng.
  • Tahap pengepakan dilakukan oleh lebih banyak karyawan dengan mesin seadanya.

Kerupuk kulit ikan tuna mengandung fosfor, kalium, lemak asam omega-3, magnesium, tiamin, vitamin B 6 yang sangat baik untuk tubuh.  “Krupuk kulit ikan tuna dipilih dari sayatan ikan tuna segar kualitas ekspor dan mutu terjamin.

sumber: http://mitrawaralaba.com

Save



Dibaca 914 x
Please Share:
Previous 7 Jenis Bisnis yang Bisa Anda Lakukan dengan Memanfaatkan Mobil Anda
Next Antartila, Dosen cantik yang Mengisi Waktu Luang dengan Berjualan Petai

You might also like

In English

Pramono, a Klaten Resident who Prepares Souvenirs for Trump’s Campaigns

His name is Pramono (42), local entrepreneur living in Klaten, Ngawen district in Klaten, Central Java, a small village east of Mount Merapi. He has recently been working on an

Pendidikan

Urgensi Penerapan Pendidikan Berbasis STEAM untuk Menghadapi Era MEA

Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menuntut kualitas sumber daya alam (SDM) yang handal. Oleh karena itu, Indonesia sebagai bagian dari MEA harus meningkatkan SDM-nya dengan pendidikan yang berkualitas. Data yang

Inspirasi

Selain Konsumsi Kopi, 6 Makanan ini Efektif untuk Bikin Mata tetap Terjaga

Seringkali kita harus tetap terjaga hingga dinihari. Terutama bagi kita yang sering kerja lembur atau sedang menyelesaikan suatu proyek, menahan mata untuk tidak terlelap menjadi sebuah keharusan. Akibatnya, kita suka

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!