Festival Nasional Tari 2016

Festival Nasional Tari 2016

Start date: August 6, 2016

End date: August 7, 2016

Time: 11;00 - 18:00

Location: Taman Mini Indonesia Indah

Kemendikbud menyelenggarakan Festival Tari Anak 2016 untuk menjadikannya sebagai wahana pengkaderan. Agar nantinya seni tari tradisi ini dapat hidup dan berkembang.

“Anak-anak Indonesia berpotensi memiliki daya kreatif yang luar biasa. Penanaman nilai budi pekerti pada anak-anak merupakan modal penting dalam menumbuhkembangkan rasa percaya diri,” ungkap Hilmar Farid dalam rilis yang diterima detikcom, Selasa (2/8/2016).

Nantinya setiap satu provinsi akan membawa satu kelompok penampil sebagai perwakilan. Sehingga Festival Tari Anak dapat menampilkan 34 tim penari tradisi dalam festival yang dikhususkan untuk anak berusia 8-12 tahun.

Festival bertema ‘Lihat Aku Menari’ ini dimaksudkan juga untuk memberikan hiburan yang sehat, edukatif, dan bernilai kultural kepada anak-anak Indonesia. Tujuannya adalah agar mereka tidak semakin terasing dari akar budaya menyusul perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Subdit Kesenian sekaligus juga ingin memetakan perkembangan tari tradisi anak-anak yang ada di Indonesia melalui acara ini. Kegiatan akan melibatkan sanggar-sanggar, seniman, dan generasi muda untuk bisa mengekspresikan sekaligus memperkenalkan budaya masing-masing daerahnya.

Peserta nantinya bukan hanya menyajikan tari tradisional namun juga harus menggarap karya baru. Hanya saja, karya baru tarian tersebut harus berbasis tradisi atau bersumber dari cerita lokal daerah masing-masing.

Harapannya adalah, selain untuk menumbuhkembangkan kreativitas, festival tari tersebut dapat melestarikan kearifan lokal. Sumber karya tari dapat berupa legenda, sejarah, permainan tradisional anak-anak, mitos, dan atau dongeng yang berkaitan dengan masing-masing tradisi daerahnya.

Sejumlah penghargaan akan diberikan untuk para penampil terbaik. Yakni 5 penyaji terbaik, 5 penata tari terbaik, 5 penata musik terbaik, 10 penari terbaik, 5 penata rias dan busana terbaik, serta satu grup terfavorit.

Lima orang juri di bidangnya akan memberikan penilaian sesuai kriteria untuk mendapatkan tim-tim terbaik tersebut. Mereka adalah Ery Mefri, Wiwiek Widyastuti, Setyastuti, Lilis Sumiati, dan Frans Sartono. Selain piagam, para penerima penghargaan juga akan mendapat uang pembinaan.

Mendikbud Muhadjir Effendy menyebut Festival Tari Anak 2016 sebagai ajang silahturahmi kebudayaan dengan semangat persahabatan. Menurutnya, festival bukan untuk mencari siapa yang menang atau kalah.

festival tari 2016



Dibaca 538 x
Please Share:
Previous Kontes Video #IndonesiadiMataku
Next LIA Big Contest 2016