Fahira Idris: Sebaiknya Takbir Keliling Dijadikan Event Tahunan Resmi Tiap Daerah

Fahira Idris: Sebaiknya Takbir Keliling Dijadikan Event Tahunan Resmi Tiap Daerah

Takbir keliling diusulkan jadi event resmi daerah. Tujuannya agar takbir keliling terkoordinir dan bisa berlangsung dengan tertib serta aman.

Menurut anggota DPD RI perwakilan Jakarta, Fahira Idris, alasan utama beberapa kepala daerah dan pihak kepolisian mengimbau agar tidak melaksanaan takbir keliling adalah alasan keamanan terutama takut terjadi bentrok atau tawuran, padahal kalau dijadikan even resmi daerah, kekhawatiran-kekhawatiran seperti ini bisa diminimalisir.

“Dijadikan even resmi daerah sehingga ada manajemennya. Jadi even takbiran keliling ini dikelola pemda dengan melibatkan organisasi masyarakat, pengurus masjid, pihak kepolisian dan lainnya. Jika ada yg menggelar takbir keliling diluar even ini ditindak tegas karena tidak resmi. Takbir keliling ini kan kegiatan positif, harusnya pemerintah daerah fasilitasi warganya,” tukas Fahira di Jakarta (5/7/2016).

Menurut Fahira, terjadinya satu dua kasus pelanggaran atau tawuran saat takbir keliling karena memang di daerah yang bersangkutan pawai keliling yang sudah jadi tradisi tidak dimanajemen sehingga warga berinisiatif menggelar takbir keliling secara berkelompok sehingga tidak hanya kerap melanggar lalu lintas tetapi juga berujung bentrokan.

“Jika pawai-pawai seni budaya, bisa dimanajemen dengan baik oleh banyak pemerintah daerah bahkan hingga mengalokasikan anggaran daerah, kenapa pawai keagamaan yang banyak mengandung nilai positif seperti takbir keliling tidak diperlakukan sama,” tukas Wakil Ketua Komite III DPD ini.

Fahira berharap di tahun-tahun mendatang semakin banyak kepala daerah yang semakin bijak dalam menyikapi tradisi takbir keliling sebagai salah satu cara umat Islam merayakan kemenangan.

“Ini kan hanya soal niat dan kemampuan manejerial. Kepala daerah yang berniat menyulurkan antusias warganya melaksanakan takbir keliling akan mengerahkan semua sumber dayanya agar perayaan ini bisa berlangsung khidmat, bermakna, tertib dan aman. Tetapi yang tidak punya niat, pasti lebih memilih keluarkan imbauan,” ujar Fahira.

Sumber: Detik.com



Dibaca 1409 x
Please Share:
Previous Bupati Dedi: Pemerintah Harusnya Memfasilitasi Takbir Keliling
Next Abaikan Teman Ahok, Golkar Sukses Menggiring Ahok untuk Kembali ke Parpol

You might also like

Opini

Sudah Sejak SBY Berkuasa, Rakyat Menuntut Pembubaran HTI; Baru Sekarang Terlaksana

Oleh: Rumadi Ahmad, Ketua LakPesDam PBNU Saya menghargai sikap politik yang diambil pemerintah RI, melalui Menkopolhukam Wiranto yang berani mengambil sikap tegas terhadap HTI. Pernyataan Wiranto tentang pembubaran HTI masih

Kuliner

Tempat Recommended untuk Berburu Kuliner Ajib di Kota Bandar Lampung

Jalan-jalan ke suatu kota atau daerah tanpa berburu kuliner (wisata kuliner) rasanya kurang afdol. Bila kita sedang berada di Bandar Lampung, berikut ini adalah tempat-tempat kuliner yang very recommended untuk

Wisata

PP Imigrasi Direvisi, Visa Kunjungan ke Indonesia Kini Berlaku Untuk 5 Tahun

Dengan pertimbangan untuk memberikan kemudahan bagi eks warga negara Indonesia dan keluarganya berupa perpanjangan Izin Tinggal kunjungan serta untuk memenuhi dinamika yang berkembang di dunia internasional terkait dengan penambahan jangka

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!