John Ellenby, Si Jenius Pencipta Laptop Lipat yang Kreatif dan Visioner

John Ellenby, Si Jenius Pencipta Laptop Lipat yang Kreatif dan Visioner

Ellenby adalah CEO Grid Systems, “otak” di balik perusahaan yang dikenal luas sebagai pencipta laptop dengan model lipat (clamshell) bernama Compass.

Produk tersebut memang bukan model laptop lipat pertama di dunia. Tetapi produk Ellenby sangat sukses di pasaran sehingga banyak diadopsi modelnya oleh perusahaan lain hingga saat ini.

Sehingga dapat dikatakan bahwa Ellenby adalah pionir atau “bapak” laptop lipat, karena dialah yang mengembangkan laptop dengan model lipat.

Perlu diketahui, Elenby dan timnya merancang Compass pada tahun 1982, di mana saat itu adalah era komputer model komputer serba tebal. Saat pertama menciptakan laptop lipat Compass dengan layar berukuran mungil, laptop ini dijual dengan harga 8.150 dollar AS (sekitar Rp 90 juta), harga yang sangat mahal hingga saat ini untuk sebuah laptop.

Namun, produk Compass justru sangat diminati oleh perusahaan-perusahaan dan pemerintah di AS. Saat itu, Compass merupakan cara teringkas untuk membawa komputer dan yang memungkinkan seseorang dapat bekerja dari mana saja. Sebagai pesaing, saat itu yang ada adalah model komputer komputer besar, seukuran tas koper, dengan merek Kaypro atau Osborne 1.

1st Laptop Grid, Compass.

“Grid Compass adalah komputer laptop model clamshell yang pertama kali sukses di pasar,” kata Marc Weber, ahli sejarah di Computer History Museum, di Mountain View, California.

Sebelum mengurus perusahaannya, Ellenby pernah bekerja di Palo Alto Research Center. Dia juga yang mendesain Alto, cetakan dasar untuk komputer desktop Lisa dan Mac buatan Apple. Ellenby jugalah yang mengembangkan sekuel Alto II yang lebih diterima secara komersil.

Pria kelahiran Inggris, 9 Januari 1941, itu juga pendiri Agilis, perusahaan yang mengembangkan komputer table dan teknologi augmented reality (AR) serta navigasi bekerja sama dengan perusahaan lain bernama GeoVector.

Pada saat itu, laptop, komputer desktop, tablet dan teknologi AR memang belum menjadi gadget mainstream. Namun dengan kejeniusannya, Ellenby memiliki pemikiran yang visioner yang bisa melihat ke depan. Buktinya, sekarang laptop, tablet, dan teknologi AR kini menjadi barang yang populer.

Ellenby meninggal pada 17 Agustus 2016 di San Francisco, California, AS dalam usia 75 tahun. Industri PC berduka karena salah satu tokoh yang dihormati, John Ellenby telah pergi untuk selamanya.

sumber: kompas.com

Save



Dibaca 1072 x
Please Share:
Previous Website NU, Media Penyebar ASWAJA dan Penyambung Lidah Kyai di ERA IT
Next Evolusi Jihad Politik sang Imam Besar Habib Riziek, "Ahok Sopan, FPI Segan"

You might also like

Teknologi

Video ini Membongkar Rahasia Cara Mudah Menjepit Boneka di Timezone

Bila kita berkunjung ke mall atau pusat perbelanjaan, sering kita jumpai permainan mengambil boneka di dalam sebuah kotak kaca dengan menggunakan penjepit mekanis berbentuk mirip cakar. Permainan claw machine ini

Teknologi

Tak Kuat Bersaing, Akhirnya Yahoo pun Tumbang dan Diakuisisi Verizon

Kabar penjualan Yahoo bukan isapan jempol. Verizon akhirnya resmi mengakuisisi bisnis internet inti milik Yahoo senilai USD 4,83 miliar atau sekitar Rp 63,6 triliun (USD 1 = Rp 13.157). “Akuisisi

Teknologi

Penggunaan AC Secara Berlebihan Sangat Berbahaya bagi Kesehatan

Air conditioning atau pendingin ruangan yang lebih kita kenal dengan AC, tidak hanya berguna untuk membantu menjaga suhu ruangan agar tetap konstan, tetapi juga bisa meningkatkan kualitas udara dalam ruangan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!