KrakatauMall.com, Marketplace untuk UKM Lampung Melakukan Soft Launching

KrakatauMall.com, Marketplace untuk UKM Lampung Melakukan Soft Launching

Pesatnya kemajuan teknologi informasi (IT) membawa dampak yang signifikan pada semua aspek kehidupan. Untuk dunia bisnis, IT menjadikan persaingan semakin ketat, tetapi pada saat yang sama kemajuan tersebut juga membuka peluang yang tidak terbatas. Dibutuhkan kreatifitas dan kemauan tinggi untuk terus maju mengikuti derap kemajuan ini. Yang tidak mau pasti tertinggal.

Bagi para pelaku usaha kecil atau menengah (UKM), perkembangan IT atau dunia internet memberi banyak manfaat positif, terutama dalam hal mempermudah mengenalkan produk atau promosi ke pasar yang lebih luas.

Menangkap peluang itu, KrakatauMall.com hadir menawarkan layanan portal e-commerce bagi para pelaku UKM di Provinsi Lampung, khususnya, untuk go online memanfaatkan kemajuan IT dengan membuka booth mereka, gratis.

Banyak sekali ragam produk UKM yang bisa ditampilkan di KrakatauMall.com, mulai dari fashion, produk agro, industri kreatif, Jasa, hingga wisata; apalagi potensi UKM Lampung sangat besar, unik dan beragam. Potensi seperti ini tentu akan lambat berkembang bila tidak ada campur tangan pihak lain dan pemerintah.

Menurut data yang dirilis oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung tahun 2013, jumlah UMKM di provinsi berjumlah 375.415 unit atau 4 persen dari populasi/penduduk. Jumlah tersebut terbagi dalam usaha mikro sebanyak 276.662, usaha kecil 78.827, dan usaha menengah 19.926 unit.

Data Dinas Koperasi dan UMKM juga menjelaskan bahwa UMKM sektor perdagangan memiliki rata-rata omzet sebesar Rp41,6 juta per tahun, sedangkan sektor jasa memiliki omzet rata-rata sedikitnya Rp51 juta hingga Rp53,4 juta per tahun. Sementara UMKM sektor industri yang didominasi oleh industri tahu tempe, keripik, kerajinan sulam usus, serta industri perikanan seperti ikan teri dan ikan asin memiliki omzet dengan kisaran antara Rp74 juta hingga Rp86 juta per tahun.

Jumlah tersebut saat ini dipastikan meningkat tajam seiring dengan semakin terbukanya wawasan dan pola pikir masyarakat bahwa mengelola bisnis sendiri itu lebih menjanjikan.

Tim pengelola KrakatauMall.com saat ini sedang menginventarisir jumlah UKM yang potensial untuk didorong go online dalam memasarkan produknya. Tim pengelola juga berharap ada ketertarikan Pemda Lampung, melalui Dinas terkait, untuk mensupport dan menjalin partnership dengan KrakatauMall.com guna mengakselerasi perkembangan portal ini.

Bisa saja para pelaku UKM sudah memiliki website online sendiri, tetapi KrakatauMall.com menawarkan konsep terpadu sebagai wadah UKM Lampung untuk memudahkan kegiatan promosi produk mereka secara one-stop.

Anda pelaku usaha atau pengelola UKM? Mari bergabung di KrakatauMall.com dan majukan UKM Lampung bersama-sama. (LS)



Dibaca 743 x
Please Share:
Previous Bandara Radin Intan II Dijadikan Sebagai Bandara Penyangga Soekarno-Hatta
Next Saat Iman dan Akal Sehat Dimanipulasi untuk Menyebar Kebencian

You might also like

Info UKM

7 Jenis Bisnis yang Bisa Anda Lakukan dengan Memanfaatkan Mobil Anda

Semakin mahalnya harga sewa kios atau ruko, membuat orang, terutama para bisnisman pemula, bingung untuk memulai usaha. Tetapi, keadaan ini juga memunculkan kreatifitas untuk mencari terobosan, diantaranya dengan memanfaatkan mobil

Info UKM

Bisnis Gurih Kerupuk Kulit Ikan Tuna; Mudah Caranya, Mudah Pula Untungnya

“Awalnya banyak yang enggak percaya kalau ini enak. Sekarang saya bisa produksi 100.000 bungkus per hari. Karyawan saya sudah 9 orang,” ujar Ishaq, salah satu pengusaha kerupuk kulit ikan tuna

Info UKM

Mengenal Sharia123.com, Portal Properti Syariah Pertama di Indonesia

Kebutuhan rumah adalah kebutuhan dasar bagi setiap manusia, kebutuhan untuk tempat tinggal keluarga. Tetapi harga tanah yang terus naik membuat harga rumah juga ikut naik, dan ini terus terjadi setiap

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!