Pilihan Akses Menuju ke Lampung Bisa Melalui Udara, Darat, atau Laut

Pilihan Akses Menuju ke Lampung Bisa Melalui Udara, Darat, atau Laut

Akses ke Lampung sangat lengkap. Sebagai wisatawan, Anda bisa pilih jalur darat, laut, atapun udara. Jika jalur udara, maka pintu masuk ke Lampung adalah Bandara Radin Inten II yang berada di Kota Bandar Lampung.

Sedangkan jalur laut bisa gunakan salah satu pelabuhan tersibuk di Indonesia yaitu Pelabuhan Bakauheni. Jalur darat bisa gunakan kereta api, stasiunnya di Kota Bandar Lampung bernama Stasiun Tanjung Karang.

Jalur Udara

Bandara Radin Inten II berada di Kota Branti, Kabupaten Lampung Selatan. Jaraknya sekitar 22 kilometer dari Kota Bandar Lampung. Terdapat beberapa maskapai yang melayani rute Jakarta-Bandar Lampung, yaitu

  • Batavia
  • Sriwijaya
  • Merpati,
  • Garuda Indonesia
  • Lion Air
  1. Merpati untuk sementara waktu hingga bulan November tidak melayani rute ke Bandar Lampung karena proses perawatan pesawat.
  2. Batavia Air menyediakan rute satu kali sehari untuk setiap hari di pukul 08.00 untuk Jakarta-Lampung. Sedangkan Lampung-Jakarta pada pukul 09.15.
  3. Sriwijaya Air menyediakan rute Jakarta-Lampung dan sebaliknya sebanyak empat kali dalam sehari untuk setiap hari, yaitu pukul 07.00, 09.40, 13.30, dan 16.30. Rute sebaliknya  tersedia pukul 08.10, 10.50, 14.40, dan 17.40.
  4. Lion Air menyediakan rute Jakarta-Lampung sebanyak dua kali dalam sehari untuk setiap hari. Rute Jakarta-Lampung tersedia pukul 17.10 dan 20.05. Pada rute sebaliknya adalah di pukul 06.20 dan 18.30.
  5. Garuda Indonesia mulai tanggal 28 Oktober 2012 menambah frekuensi terbang Jakarta-Lampung dan sebaliknya, dari hanya empat kali sehari menjadi lima kali sehari. Rute Jakarta-Lampung dengan Garuda Indonesia tersedia setiap hari pukul 06.00, 08.55, 12.50, 15.25, dan 17.25. Rute sebaliknya tersedia pukul 07.30, 10.30, 14.25, 17.00, dan 18.55.

Harga tiket pesawat untuk rute Jakarta-Lampung mulai dari Rp 250.000. Tak semua provinsi di Indonesia terhubung langsung dengan Lampung. Sehingga, penumpang harus melakukan transit terlebih dahulu di Jakarta.

Rute lainnya untuk penerbangan langsung yang bisa dipilih adalah melalui Batam. Bandara Radin Inten II sendiri bukan bandara internasional dan tutup sekitar magrib. Pajak bandara untuk Bandara Radin Inten II sebesar Rp 11.000.

Dari Bandara Radin Inten II menuju pusat kota Bandar Lampung bisa naik taksi bandara berupa mobil Avanza ataupun taksi biasa. Kisaran tarif adalah Rp 100.000 dengan waktu tempuh sekitar setengah sampai satu jam tergantung kemacetan.

Taksi di Lampung tidak menggunakan argometer. Sehingga harga ditetapkan sesuai perjalanan dalam kota atau luar kota. Dua taksi yang umum direkomendasikan adalah Taksi Siger dan Taksi Puspa Jaya. Taksi-taksi ini bisa dijumpai di bandara.

Jalur Darat

Kereta api hanya menghubungkan Bandar Lampung dengan Palembang. Namun, perjalanan tersebut sendiri sudah ada sejak masa kolonial Belanda. Kisaran harga untuk kereta api mulai dari Rp 19.000 sampai Rp 100.000 tergantung kelasnya.

Anda bisa naik Kereta Api Ekspress Rajabasa dari Stasiun Tanjungkarang di Kota Bandar Lampung ke Stasiun Kereta Api Kertapati di Palembang. Kereta api kelas ekonomi ini berangkat pukul 08.00 dari Palembang.

Pilihan lain adalah Kereta Api Limex Sriwijaya rute yang sama namun kelas eksekutif dan kelas bisnis yang berangkat pada pukul 21.00 dan tiba di Bandar Lampung pada pukul 05.00.

Keuntungan naik kereta api adalah Anda sampai di Stasiun Tanjungkarang yang memang berada di Kota Bandar Lampung. Dari stasiun untuk ke berbagai tempat di Kota Bandar Lampung, Anda bisa naik angkutan umum (angkot).

Selain kereta api, masuk ke Bandar Lampung bisa menggunakan bus antar provinsi. Bus-bus ini menghubungkan antar provinsi di Pulau Sumatera termasuk bus dari Pulau Jawa yang menyeberang melalui Pelabuhan Merak di Banten dengan Pelabuhan Bakauheni di Lampung.

Jalur Laut

Jika Anda dari Pulau Jawa, maka Pelabuhan Merak di Banten adalah pelabuhan yang Anda tuju untuk menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni di Lampung. Dari Jakarta ke Pelabuhan Merak ditempuh selama tiga jam perjalanan darat.

Penyebrangan dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni sendiri relatif cepat yaitu sekitar satu setengah jam hingga dua jam menggunakan kapal feri. Dari Jakarta, selain menggunakan mobil pribadi, bisa naik bus antar provinsi. Salah satunya adalah bus Damri dari Stasiun Gambir di Jakarta ke Stasiun Tanjungkarang di Bandar Lampung. Harga tiket untuk bus Damri di kisaran Rp 150.000.

Ada sekitar 24 kapal feri yang melayani rute Pelabuhan Merak-Pelabuhan Bakauheni. Masing-masing feri dapat memuat 500 penumpang. Salah satunya adalah KM Dharma Kencana IX. Selain itu bisa juga Lampung Kencana dan Tribuana Fery.

Kapal ini termasuk kapal feri dengan fasilitas lengkap dan nyaman. Di dalam kapal tersedia fasilitas bermain untuk anak-anak, tempat tidur, tempat duduk sofa, hingga restoran, dan kolam terapi ikan atau fish spa. Setiap harinya, kapal ini melayani rute Merak-Bakauheni sebanyak dua sampai empat kali dalam sehari.

Umumnya, di kala tak padat kunjungan, mendapatkan feri relatif cepat. Namun, akan lama mengantre di kala musim padat kunjungan. Pelabuhan biasanya terbagi dalam beberapa dermaga. Pastikan Anda mengetahui dermaga tempat kapal yang Anda tumpangi.

Dari Pelabuhan Bakauheni ke Kota Bandar Lampung ditempuh sekitar satu setengah jam. Anda cukup naik bus reguler yang melayani penumpang selama 24 jam dengan rute Pelabuhan Bakauheni ke Kota Bandar Lampung. Tarifnya hanya Rp 20.000.

Sumber: Kompas.com



Dibaca 1443 x
Please Share:
Previous Pesawat yang Melayani Rute Jakarta (Soetta) - Bandar Lampung (Radin Inten II)
Next Afi Nihaya Faradisa, Suara dari Gunung Es Silent Majority Generasi Muda NKRI

You might also like

Infrastruktur

Inilah Alasan Mengapa Hacker Tega Meretas Situs Telkomsel

Telkomsel ditengarai memeras pelanggan dengan memberlakukan tarif mahal! Maka dari itu, pagi ini (28/4/2017), website Telkomsel diretas, dan sang hacker ‘curhat’ soal mahalnya harga kuota internet Telkomsel tersebut. Tapi apakah

Infrastruktur

Norwegia Bangun Terowongan Mengambang di Bawah Laut Terpanjang di Dunia

Lanskap pesisir Norwegia yang dipenuhi Fyord menyulitkan pembangunan infrastruktur semisal jembatan. Sebab itu pemerintah beralih ke solusi unik, yakni sebuah terowongan laut yang mengambang di bawah permukaan air. Saat ini

Transportasi

Jadwal dan Rute Bus DAMRI Bandara Soekarno-Hatta ke Bandar Lampung

Kota Bandar Lampung adalah ibukota dari Provinsi Lampung di pulau Sumatera. Walaupun sudah mempunyai Bandara sendiri yaitu Bandara Radin Inten II, namun mobilitas warga Lampung untuk menuju Bandara International Soekarno

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!